Tiada Kasih Seperti yang ada PadaMu

Menjadi sepertiMu itulah yang kurindukan.. hari demi hari kulalui dengan penuh perjuangan maju terus menghadapi segala rintangan yang datang hanya untuk bertemu bersama denganMu dan menikmati HadiratMu...

Selasa, 31 Mei 2011

Seberapa Efektif Pukulan Dapat Mendisiplin Anak?

Seberapa Efektif Pukulan Dapat Mendisiplin Anak?
Sunday, 22 May 2011 12:40

Sebuah pertanyaan yang sering diajukan, "Bagaimana seharusnya memukul digunakan untuk mendisiplin anak-anak?" Ketika pedoman yang jelas dipraktikkan, memukul adalah efektif dan alkitabiah. Hal ini dimungkinkan untuk terlalu ketat. Untuk itu, orangtua perlu membangun keseimbangan antara dua persyaratan: konsistensi dalam menegakkan perilaku yang baik, dan sikap menaati perintah Allah bahwa kita mengasihi anak-anak kita.
"Jangan menolak didikan dari anakmu ia tidak akan mati kalau engkau memukulnya dengan rotan. Engkau memukulnya dengan rotan, tetapi engkau menyelamatkan nyawanya dari dunia orang mati." (Amsal 23:13-14). Memukul adalah tindakan kasih orangtua yang dibentuk untuk mengubah perilaku anak. 

Anak-anak menanggapi dunia secara berbeda dari orang dewasa. Seorang anak berkembang dalam batas-batas yang perlu diisi dengan cinta orangtua. Adalah penting bahwa anak-anak belajar konsekuensi melintasi batas-batas ketika mereka memberontak atau mengabaikan otoritas. Sebagai orang dewasa, kita menyadari bahwa tujuan dari tiket ngebut adalah untuk mendapatkan perhatian kita dan untuk mengendalikan perilaku kita. Anak-anak belajar bahwa alasan untuk disiplin mereka adalah untuk mendapatkan perhatian mereka dan untuk mengubah perilaku mereka. 

Seberapa efektif memukul sebagai suatu disiplin untuk anak-anak ketika orang tua marah? Tujuan memukul bukan untuk orang tua untuk mengekspresikan kecemasan atau frustrasi. Kemarahan tempat takut merusak menjadi disiplin. "... Setiap orang harus cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berbicara dan lambat untuk menjadi marah, karena itu amarah manusia tidak membawa tentang kehidupan yang benar bahwa keinginan Allah" (Yakobus 1:19-20). Memukul tidak pernah digunakan untuk mempermalukan anak. Satu orangtua membuat kebiasaan memukul anaknya di depan saudara lainnya. Tujuannya adalah untuk menggambarkan konsekuensi dari ketidaktaatan. Hasil terbukti dan bahkan menyebabkan ejekan tidak efektif dan tidak menghormati antara saudara-saudara. 

Orang tua yang disiplin efektif memukul secara pasti aturan jelas, bukan pada perasaan mereka pada saat itu. Mereka memukul untuk tindakan ketidaktaatan, menantang, dan pemberontakan. Sama seperti seorang polisi, mereka tidak perlu marah untuk menegakkan aturan atau hukum. orangtua yang efektif dicapai bila hukum-hukum moral, Allah ditegakkan. "Hajarlah anakmu selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya." (Amsal 19:18). 

Seberapa efektif memukul sebagai disiplin untuk anak-anak ketika prinsip-prinsip alkitabiah diikuti? Memukul efektif sebagai metode koreksi ketika ia mengikuti Firman Allah dan juga berfokus pada instruksi luar hukuman. Bukankah akan mengerikan jika Allah mengubah aturan-Nya setiap hari? Untungnya, Allah tidak jelas tentang hukuman dan dosa. Anak-anak membutuhkan penjelasan tentang perilaku yang salah, alasan hukuman, dan harapan Anda untuk perilaku masa depan mereka. Fokus pada perilaku positif daripada mengarahkan sikap negatif terhadap anak-anak. Ini membantu orangtua untuk merespon dengan tepat ketika pertanyaan yang tepat akan ditanya: 

• Apa yang salah tentang perilaku anak saya? 
• Apakah perilaku berbahaya atau berdosa? Atau perilaku kekanak-kanakan hanya sebuah respon alami yang nyaman untuk saya? 
• Apa yang memotivasi itu perilaku anak saya? 
• Apakah metode terbaik untuk memperbaiki perilaku tertentu sehingga saya dapat mendorong tindakan positif di masa depan? 

Seberapa efektif memukul sebagai disiplin untuk anak-anak? Alkitab tidak memberikan izin orangtua atau perintah untuk berteriak atau memukul anak. Memukul adalah respon emosional yang tidak terkendali. Memukul adalah aplikasi tenang disiplin yang sesuai dengan perilaku tertentu. Seringkali orang tua akan bertanya, "Berapa kali saya harus memberitahu Anda itu?" Jika hanya mengatakan seorang anak membuat mereka taat, kita tidak akan mengulang diri kita kali begitu. Memukul hanya satu alat dalam mendisiplinkan anak-anak. Selalu berpikir di luar memukul untuk tujuan-abadi hasil jangka ketaatan yang saleh. 

"Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian." (Efesus 6:1). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar